Cara Membuat Coto Makasar Anti Gagal

Coto Makasar. Resep Coto Makassar - Dari namanya saja, tentu semua orang tahu bahwa makanan ini berasal Coto makassar terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang cukup lama dan dicampur. Coto Makassar merupakan salah satu kuliner khas dari Makassar tentunya. Sebenarnya Coto ini sekilas sama dengan Resep Soto pada umumnya.

Coto Makasar Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. You can have Coto Makasar using 28 ingredients and 3 steps. Here is how you cook it.

Komposisi Bahan Coto Makasar

  1. Perlengkapan Bahan of Bahan Utama.
  2. Bahab Bahan 1 kg of Daging sapi (bisa di mix dgn paru/jeroan).
  3. Persiapan Bahan 1 kg of Kacang tanah sangrai.
  4. Bahab Bahan 2,5 ltr of Air.
  5. Perlengkapan Bahan 1 bh of Asam jawa.
  6. Persiapan Bahan of Bumbu halus.
  7. Perlengkapan Bahan 7 siung of Bawang merah.
  8. Perlengkapan Bahan 7 siung of Bawang putih.
  9. Perlengkapan Bahan 3 bh of Kemiri sangrai.
  10. Perlengkapan Bahan 1 sdt of Merica sangrai.
  11. Perlengkapan Bahan 1 sdt of Ketumbar sangrai.
  12. Bahab Bahan 1/2 sdt of Jinten bubuk.
  13. Persiapan Bahan 2 ruas of Jahe.
  14. Bahab Bahan of Bahan Pelengkap.
  15. Perlengkapan Bahan 3 lbr of Daun jeruk iris.
  16. Bahab Bahan 3 lbr of Daun salam.
  17. Persiapan Bahan 2 btg of Serai geprek.
  18. Bahab Bahan 3 iris of Lengkuas geprek.
  19. Perlengkapan Bahan 3 bh of Cengkeh.
  20. Persiapan Bahan 2 cm of Kayu manis.
  21. Persiapan Bahan Secukupnya of Garam, Gula pasir, Kaldu jamur, Merica bubuk.
  22. Perlengkapan Bahan of Bahan Pelengkap.
  23. Perlengkapan Bahan 13 bh of Cabai merah keriting.
  24. Persiapan Bahan 9 bh of Cabai rawit merah.
  25. Persiapan Bahan 1 siung of Bawang putih.
  26. Persiapan Bahan of Taburan.
  27. Perlengkapan Bahan of Bawang goreng.
  28. Persiapan Bahan of Daun bawang.

Coto Makassar adalah salah satu masakan khas Sulawesi Selatan yang cukup dikenal di Indonesia. Tidak salah kalau banyak yang mau mencoba belajar cara. Coto Makassar ini memiliki rasa yang begitu enak dan lezat, serta kuahnya gurih. Aromanya yang khas akan membuat setiap orang tergoda untuk mencicipinya.

Coto Makasar Langkah Langkah

  1. Cuci bersih daging, rebus daging hingga 1/2 mendidih, buang airnya ganti dgn 2,5 ltr air yg baru (kebiasaan kami saja dlm merebus daging/ayam). Rebus kembali sampai empuk dgn menambahkan asam jawa. Sambil merebus daging, haluskan semua bumbu halus, kemudian tumis hingga harum & tambahkan sedikit air. Lalu masukan ke dalam rebusan daging. Masukan juga bumbu pelengkap. Setelah daging matang & empuk, angkat dan tiriskan. Air kuah dagingnya tetap direbus..
  2. Blender kacang tanah yg sdh di sangrai hingga halus, lalu masukan ke dalam air rebusan daging. Tetap masak hingga matang seluruhnya. Selalu koreksi rasa..
  3. Saatnya penyajian, potong dadu daging atau jeroan jika pakai. Siapkan mangkok, isi dengan potongan ketupat dan daging sesuai selera. Siram dgn kuah dan taburi dgn daun bawang dan bawang goreng. Selamat menikmati...

Mendengar kata "coto" pastinya kita akan mengira bahwa kuliner satu ini adalah soto. Memang nama dan penampilannya hampir mirip antara kedua kuliner tersebut. Coto Makassar Asli kuah kental enak lainnya. Coto Makassar atau coto Mangkasara merupakan makanan tradisonal Makassar, Sulawesi Selatan. Sesuai dengan namanya Coto Makassar adalah hidangan berkuah yang berasal dari Makassar Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus.

0 Response to "Cara Membuat Coto Makasar Anti Gagal"

Posting Komentar