Cara Membuat Soto "Medan" Bikin Nagih

Soto "Medan". Soto Medan, salah satu variasi soto dari kepulauan nusantara yang istimewa. Cirinya berkuah santan, berbumbu rempah komplit dan dengan topping yang digoreng sampai kering sebelum dicampur. Soto or coto is one of Indonesian traditional soup mainly made from broth, meat or chicken and vegetables.

Soto "Medan" A bit more expensive than usual price but. Seperti soto yang terdapat di Jawa, soto Medan juga menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar. Keduanya juga menggunakan kunyit sehingga kuahnya berwarna kuning. You can cook Soto "Medan" using 27 ingredients and 7 steps. Here is how you cook it.

Komposisi Bahan Soto "Medan"

  1. Perlengkapan Bahan 1/4 kg of daging sapi khas dalam, cuci, potong kecil-kecil.
  2. Bahab Bahan 3 buah of wortel ukuran sedang.
  3. Perlengkapan Bahan 2 buah of kentang ukuran sedang.
  4. Perlengkapan Bahan 1 of genggang tauge panjang.
  5. Perlengkapan Bahan 3 batang of daun seledri.
  6. Persiapan Bahan 2 batang of daun bawang.
  7. Persiapan Bahan 500 mL of santan dari 1/2 butir kelapa, bisa diganti dengan air.
  8. Persiapan Bahan Secukupnya of garam.
  9. Perlengkapan Bahan Secukupnya of gula pasir.
  10. Persiapan Bahan of Minyak untuk menumis.
  11. Bahab Bahan of Bumbu halus.
  12. Bahab Bahan 8 siung of bawang merah.
  13. Bahab Bahan 5 siung of bawang putih.
  14. Persiapan Bahan 2 ruas jari of kunyit.
  15. Bahab Bahan 1 ruas jari of jahe.
  16. Bahab Bahan 1 ruas jari of lengkuas.
  17. Perlengkapan Bahan 1 sdm of ketumbar bubuk.
  18. Perlengkapan Bahan 1 sdt of merica bubuk.
  19. Bahab Bahan of Bumbu cemplung.
  20. Perlengkapan Bahan 2 batang of serai, ambil bagian putihnya, memarkan.
  21. Perlengkapan Bahan 2 helai of daun salam.
  22. Perlengkapan Bahan 5 helai of daun jeruk.
  23. Perlengkapan Bahan of optional Bumbu cemplung.
  24. Bahab Bahan 3 butir of kapulaga.
  25. Bahab Bahan Secukupnya of kayu manis.
  26. Perlengkapan Bahan 3 butir of cengkeh.
  27. Bahab Bahan Secukupnya of bunga lawang/pekak.

Banyak sekali ragam Soto di Indonesia, salah satunya Soto asal Sumatera Utara, Soto Medan! Soto medan taste is different from other cities in Indonesia because the broth made from coconut milk. soto also consists of a mixture of noodles, egg and fritters. It feels good and savory. it is better eaten. Medan juga punya sajian soto yang sedap.

Soto "Medan" Langkah Langkah

  1. Cuci lalu kupas wortel dan kentang. Potong sesuai selera, jika kentang dan wortel mau dimasak berbarengan dengan daging, potong wortel dan kentang tebal. Sisihkan..
  2. Cuci daun bawang, daun seledri, dan tauge di wadah terpisah. Tiriskan, kemudian potong kasar daun bawang dan buang batang seledri (aku gk cincang)..
  3. Tumis bumbu halus dan bumbu cemplung (termasuk bumbu optional) hingga matang (bumbu dan minyak terpisah). Kemudian masukkan potongan daging sapi dan daun bawang, tumis hingga bumbu meresap, kemudian masukkan wortel dan kentang, aduk lagi hingga bumbu merata..
  4. Tuangkan santan (air) aduk perlahan hingga mendidih, setelah mendidih, aduk lagi sekitar 5 menit, setelah itu tutup dan masak menggunakan api kecil hingga daging empuk..
  5. Setelah daging empuk, masukkan garam dan gula, cicipi. Terakhir masukkan tauge dan daun seledri, aduk hingga tauge layu. Matikan kompor. Soto siap disajikan dengan atau tanpa taburan bawang goreng..
  6. Note: jika tidak menggunakan santan, setelah ditambahkan air wajan boleh langsung ditutup ya, proses selanjutnya sama. Happy cooking all!!.
  7. Onty om, tolong bantu isi kuesioner penelitian ibuknya rafif yaa, boleh bantu sebarkan juga ke semua temen-temen onty om sekalian. Kuesionernya bisa diakses lewat "bit.ly/GizidanCovid19" ya onty om, terima kasih onty dan om sekalian ❤️❤️❤️.

Kuahnya berwarna kuning, karena menggunakan kunyit. Anda yang ingin mencicipi soto Medan tidak perlu jauh-jauh ke Sumatera Utara sana. Soto identik dengan isian daging yang melimpah. Satu lagi kedai Soto Medan yang juga terkenal enak. Namanya Soto Pak Haji yang terletak di Jl Sumatera.

0 Response to "Cara Membuat Soto "Medan" Bikin Nagih"

Posting Komentar