Cara Membuat Soto Ayam Tasik kuah santan Bikin Nagih

Soto Ayam Tasik kuah santan. Resep dan Cara Membuat Soto Ayam Kuah Santan - Soto adalah salah satu masakan khas Indonesia. Cara masaknya ternyata nggak ribet dan dijamin bikin ketagihan. Brilio.net - Soto adalah masakan dengan kuah kuning yang berasal dari kunyit.

Soto Ayam Tasik kuah santan Seperti soto yang terdapat di Jawa, soto Medan juga menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar. Keduanya juga menggunakan kunyit sehingga kuahnya berwarna kuning. Bedanya, soto Medan menggunakan santan sehingga tekstur kuahnya lebih kental dan berwarna kuning pekat. You can have Soto Ayam Tasik kuah santan using 20 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve that.

Komposisi Bahan Soto Ayam Tasik kuah santan

  1. Bahab Bahan 1/2 ekor of ayam kampung, potong-potong.
  2. Bahab Bahan 1500 ml of air.
  3. Persiapan Bahan 500 cc of santan dari 1/2 butir kelapa.
  4. Persiapan Bahan 2 lembar of daun salam.
  5. Perlengkapan Bahan 2 batang of sereh, memarkan.
  6. Perlengkapan Bahan 3 cm of lengkuas, memarkan.
  7. Perlengkapan Bahan 2 batang of daun bawang, ikat simpul.
  8. Persiapan Bahan 3 sdt of garam.
  9. Bahab Bahan 1/2 sdt of gula pasir.
  10. Perlengkapan Bahan 1/2 sdt of merica.
  11. Perlengkapan Bahan of Bumbu halus :.
  12. Bahab Bahan 6 siung of bawang putih.
  13. Bahab Bahan 2 siung of bawang merah.
  14. Bahab Bahan 2 buah of kemiri, sangrai.
  15. Perlengkapan Bahan 2 sdm of minyak sayur, untuk menumis.
  16. Bahab Bahan of Pelengkap :.
  17. Bahab Bahan 50 gram of soun rebus.
  18. Bahab Bahan 1 batang of seledri, cincang halus.
  19. Persiapan Bahan 25 gram of kacang kedelai goreng.
  20. Persiapan Bahan 2 sdm of bawang goreng.

Soto tasik menggunakan kaldu ayam yang diberi santan sebagai kuahnya. Kuahnya semakin wangi dengan tambahan serai, lengkuas, dan daun salam. Soto tasik menggunakan bihun, kacang goreng, dan daging ayam kampung yang sudah disuwir-suwir sebagai isiannya. SOTO ayam memang sangat dimakan bersama keluarga, apalagi ketika masih hangat.

Soto Ayam Tasik kuah santan Cara Pembuatan

  1. Didihkan air, rebus daging ayam, masukkan daun bawang dan 2 sdt garam. Masak sampai matang. Angkat, saring air rebusannya dan suwir2 daging ayamnya..
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. tambahkan salam, sereh, lengkuas aduk rata. Angkat..
  3. Jerang kembali air rebusan daging yang telah disaring, tambahkan tumisan bumbu halus, 1 sdt garam, merica dan gula pasir, aduk rata. Masukkan santan, aduk-aduk perlahan. Masak sampai mendidih. Tes rasa, kalau ada yang kurang koreksi sesuai selera..
  4. Tata dalam sebuah mangkuk, nasi putih, soun rebus, daging ayam suwir, seledri cincang, kacang kedelai goreng dan bawang goreng lalu siram dengan kuah santan yang panas..
  5. Hidangkan dengan jeruk limao, sambal terasi dan kerupuk..

Nah, jika kebetulan kamu bingung ingin membuat makanan apa, bisa nih mencoba resep soto ayam santan. Melansir akun debbie_ariesthea di Instagram, coba deh membuat soto ayam santan untuk disantap. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas. Tuang santan air ke dalam tumisan ayam, masak terus. Resep soto ayam kuah santan sebenarnya paling mantap jika menggunakan ayam kampung, sebagaimana bunda tahu bahwa ayam kampung mempunyai kaldu yang lumayan banyak dan limpahan kaldu alami inilah yang menambah kelezatan cita rasa masakan soto bunda.

0 Response to "Cara Membuat Soto Ayam Tasik kuah santan Bikin Nagih"

Posting Komentar