Resep Memasak Soto Medan Bikin Nagih

Soto Medan. Soto Medan, salah satu variasi soto dari kepulauan nusantara yang istimewa. Cirinya berkuah santan, berbumbu rempah komplit dan dengan topping yang digoreng sampai kering sebelum dicampur. Soto or coto is one of Indonesian traditional soup mainly made from broth, meat or chicken and vegetables.

Soto Medan Seperti soto yang terdapat di Jawa, soto Medan juga menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar. Keduanya juga menggunakan kunyit sehingga kuahnya berwarna kuning. Soto identik dengan isian daging yang melimpah. You can have Soto Medan using 16 ingredients and 8 steps. Here is how you cook that.

Komposisi Bahan Soto Medan

  1. Perlengkapan Bahan 1/2 kg of Ayam.
  2. Persiapan Bahan 1/2 bungkus kecil of Mihun.
  3. Persiapan Bahan of Tauge 1 ons (Rebus).
  4. Bahab Bahan of Kentang goreng (potong tipis kecil goreng sampai kriuk).
  5. Bahab Bahan of Kerupuk merah (goreng).
  6. Perlengkapan Bahan of Bawang merah 5 biji (3 dirajang, 2 utk bumbu).
  7. Perlengkapan Bahan of Bawang putih 2 biji, kemiri 3 biji, jinten 1 sdt, pala 1/2 biji.
  8. Bahab Bahan of Daun bawang 3 batang (dirajang).
  9. Persiapan Bahan 1 ons of Kacang tanah goreng.
  10. Persiapan Bahan 1 sdt of Ketumbar & merica.
  11. Bahab Bahan of Lengkuas,jahe,serai,daun salam 2 lembar, daun jeruk 3 lembar.
  12. Persiapan Bahan Bunga of lawang 2, kayu manis 1, kapulaga 3.
  13. Persiapan Bahan of Daun seledri 2 batang (dirajang).
  14. Bahab Bahan 2 sdm of Kunyit bubuk.
  15. Perlengkapan Bahan of Santan dr 1 kelapa.
  16. Perlengkapan Bahan of Gula & garam.

Satu lagi kedai Soto Medan yang juga terkenal enak. Namanya Soto Pak Haji yang terletak di Jl Sumatera. Soto Medan terkenal dengan rasanya yang gurih dan juga lezat. Sayangnya, kuliner khas Medan yang satu ini tergolong agak sulit untuk ditemukan di beberapa daerah di luar Medan.

Soto Medan Langkah Langkah

  1. Cuci bersih ayam. Beri garam. Diamkan sebentar..
  2. Giling bawang merah,bawang putih,kemiri,jinten,pala,ketumbar,kemiri. Tumis bawang merah rajang, masukkan bumbu giling. Tumis hingga wangi. Masukkan rajangan daun bawang..
  3. Masukkan santan. Kecilkan api. Tambahkan kunyit bubuk, gula dan garam, serai, lengkuas,jahe,daun salam, daun jeruk, bunga lawang,kapulaga,kayu manis dan daun seledri. Tes rasa. Aduk terus jangan sampai pecah santan ya.
  4. Masukkan ayam yg sudah dicuci ke dalam kuah santan. Masak hingga mendidih. Keluarkan ayam dan tiriskan. Kuah santan tetap di masak sekitar 5 menit lagi..
  5. Goreng mihun dg api kecil. Pastikan api benar"Sudah panas. Ambil mihun nya sedikit" Saja. Krn akan merekah saat di goreng. Tiriskan bihun..
  6. Goreng ayam. Setelah masak dan dingin bisa di suir"..
  7. Soto medan siap dihidangkan. Ambil mihun yg sudah digoreng, tauge rebus, kentang goreng, kacang tanah goreng, kerupuk merah dan ayam suir. Beri kuah santan. Tambahkan bawang goreng biar lebih mantep..
  8. Buat yg mau bisa di tambahkam lontong, atau dimakan bareng nasi jg enak..

Banyak sekali ragam Soto di Indonesia, salah satunya Soto asal Sumatera Utara, Soto Medan! Resep Soto Medan Sinar Pagi Sederhana Spesial Asli Enak Untuk Makan Siang. Soto Medan adalah salah satu kuliner sajian sedap yang khas dan unik yang dimiliki oleh Medan, Sumatera Utara. Medan juga punya sajian soto yang sedap. Kuahnya berwarna kuning, karena menggunakan kunyit.

0 Response to "Resep Memasak Soto Medan Bikin Nagih"

Posting Komentar