Resep Memasak Gulai kambing suka-suka Lezat

Gulai kambing suka-suka. Pagi-pagi ibuk pulang dari pasar bawa se kresek tetelan kambing. Ini resep keluarga, kalau masak sedikit biasanya tidak dikasih kapulaga tapi kalau masak porsi besar baru dikasih. Memasak gulai kambing atau resep tongseng kambing memang gampang gampang susah.

Gulai kambing suka-suka Selain digulai atau dibikin Sate Kambing, daging kambing bisa juga dimasak dengan bumbu yang lebih komplit misalnya Kari Kambing Medan yang sudah terkenal kelezatannya. Atau jika anda tidak suka masakan kambing bersantan, bikin saja Krengsengan Daging atau Sop Kambing a la Jakarta. Gulai kambing kali ini adalah versi jawa tengah atau lebih familiar disebut gule kambing. You can cook Gulai kambing suka-suka using 24 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Gulai kambing suka-suka

  1. It's 1 1/2 kg of tetelan kambing.
  2. Prepare 1 lt of santan (dari 1 buah kelapa).
  3. It's 2 lembar of daun salam.
  4. It's 2 lembar of daun jeruk.
  5. Prepare 1 batang of sereh (digeprek).
  6. It's 1 ruas of lengkuas (digeprek).
  7. It's 1 saset of penyedap rasa sapi.
  8. It's Secukupnya of garam.
  9. Prepare Secukupnya of gula.
  10. You need of Bumbu halus.
  11. Prepare 20 buah of cabai rawit / sesuai selera.
  12. Prepare 10 buah of cabai merah keriting.
  13. It's 10 buah of bawang merah.
  14. It's 5 buah of bawang putih.
  15. It's 5 butir of kemiri.
  16. You need 1 ruas of jahe.
  17. It's 1 ruas of kunyit.
  18. You need Secukupnya of kencur.
  19. You need Secukupnya of ketumbar.
  20. Prepare Secukupnya of lada.
  21. You need Secukupnya of pala.
  22. Prepare Secukupnya of jinten.
  23. You need Secukupnya of pekak.
  24. It's Secukupnya of kapulaga (optional).

Sajian ini berkuah melimpah yang encer namun tetap gurih berbumbu. Gule semakin nikmat dengan tambahan cabe rawit utuh. Jika suka pedas, anda bisa gerus cabe rawitnya di piring sesaat sebelum disantap. Tentunya yang suka dengan daging kambing akan mencari resep gulai kambing dan mencoba untuk membuat masakan gulai kambing sendiri.

Gulai kambing suka-suka step by step

  1. Ungkep tetelan kambing 30-45 menit atau sampai dirasa empuk. Setelah itu buang airnya sisakan sedikit. Lalu beri santan.
  2. Goreng bumbu halus kecuali pala, jinten, pekak dan kapulaga. Setelah itu haluskan semua bumbu termasuk yg tidak digoreng..
  3. Goreng kembali bumbu yg sudah dihaluskan bersama daun sereh, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Beri santan sedikit lalu angkat..
  4. Nyalakan panci berisi tetelan dan santan. Masukan bumbu yang sudah digoreng. Beri geram, penyedap rasa dan gula. Incip sampai rasanya pas 😅.
  5. Gulai matang dan siap di hidangkan.

Bumbu gulai kambing arab biasanya memasukkan bahan bumbu kardamon atau sering disebut sebagai kapulaga arab. Gulai kambing dengan daging kambing yang empuk dan kuah santan yang gurih ini memang banyak penggemarnya. Tapi bagi Anda yang memiliki tekanan darah yang tinggi harap jangan terlalu banyak dan sering untuk mengkonsumsi daging kambing yah. Jika suka, tambahkan jeroan daging kambing. Selain itu, kurangi waktu memasaknya jika menyukai kuah yang encer.

0 Response to "Resep Memasak Gulai kambing suka-suka Lezat"

Posting Komentar