Cara Membuat Soto Banjar Ayam Kampung Lezat

Soto Banjar Ayam Kampung. Kuliner khas dari kalimantan selatan ini ngga pernah ngebosenin klo disantap,mau dijadikan sarapan,makan siang ataupuun malam tetep cocok di. Bagi Anda yang lapar di tengah perjalanan bisa singgah di sini. Karena dari pengunjung yang datang dari luar daerah untuk makan adalah mayoritas mereka yang melakukan.

Soto Banjar Ayam Kampung Kuah soto Banjar yang asli menggunakan krimer sehingga akan berwarna putih. Tapi jika menyukai kuah bening, anda bisa melewatkan bahan yang satu ini. Kali ini, yang akan dibahas adalah soto Banjar yang unik. You can cook Soto Banjar Ayam Kampung using 25 ingredients and 5 steps. Here is how you cook it.

Komposisi Bahan Soto Banjar Ayam Kampung

  1. Persiapan Bahan 1 ekor of ayam kampung bagi 4.
  2. Persiapan Bahan 2 buah of wortel, potong-potong rebus.
  3. Perlengkapan Bahan 1 bungkus of soun, rendam lalu gunting2.
  4. Persiapan Bahan 2 batang of seledri.
  5. Perlengkapan Bahan 2 liter of air.
  6. Persiapan Bahan 1 butir of telur.
  7. Perlengkapan Bahan 1 batang of kayu manis.
  8. Perlengkapan Bahan 5 biji of cengkeh.
  9. Bahab Bahan 5 of kapulaga.
  10. Perlengkapan Bahan 3 bunga of lawang pekak.
  11. Perlengkapan Bahan 3 batang of Daun bawang potong-potong.
  12. Perlengkapan Bahan Secukupnya of garam merica bubuk dan penyedap Royco/masako.
  13. Perlengkapan Bahan Secukupnya of minyak goreng.
  14. Perlengkapan Bahan of Bumbu halus :.
  15. Persiapan Bahan 11 of bawang merah.
  16. Bahab Bahan 11 of bawang putih.
  17. Persiapan Bahan Seruas of jahe.
  18. Bahab Bahan 1 sdt of Merica bubuk.
  19. Persiapan Bahan of Pelengkap :.
  20. Bahab Bahan of Telur rebus.
  21. Perlengkapan Bahan of Ketupat.
  22. Persiapan Bahan of Bawang goreng.
  23. Perlengkapan Bahan of Sambal.
  24. Persiapan Bahan of Jeruk nipis.
  25. Persiapan Bahan of Perkedel kentang.

Soto khas Kalimantan ini menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar. Bahan utama soto ayam santan enak khas banjar yakni daging ayam, kalau ingin cita rasa asli seperti daerah asalnya sih disarankan untuk menggunakan daging ayam kampung, namun dengan ayam potong biasa juga boleh kok, nggak ada larangan lho. Soto Banjar adalah soto ayam berempah yang lahir di tengah masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan. Berbahan dasar ayam kampung, soto ini memiliki keunikan, yaitu bumbunya diperkaya dengan rempah-rempah biji pala, cengkih, dan kayu manis.

Soto Banjar Ayam Kampung Langkah Langkah

  1. Tumis bumbu yg sudah di haluskan dengan minyak secukupnya hingga harum jika bumbu sudah mulai mengering masukan bahan rempah aduk sebentar dan matikan api..
  2. Rebus Ayam kampung hingga benar-benar empuk pakai air kaldu rebusan ayam sekitar 2 Liter untuk kuah soto, kemudian tuangkan bumbu yg sudah di tumis tadi kedalam air kaldu ayam....
  3. Kocok lepas 1 butir telur, masukan 2 perkedel kentang kedalam kocokan telur sambil di haluskan kemudian aduk rata..
  4. Tuang kocokan telur, perkedel kentang dan susu kental manis yg sudah di aduk rata kedalam kuah yg sudah mendidih sambil diaduk-aduk biar tidak menggumpal.. Masukan Garam,1 sdt gula pasir dan penyedap secukupnya aduk dan test rasa.Didihkan kuah sebentar lalu matikan api dan tuang potongan daun bawang kedalam kuah...
  5. Di wadah mangkuk Potong ketupat, beri soun yg sudah direndam,ayam yg di suwir2, siram dgn kuah soto tambahkan dengan perkedel kentang, wortel, dan telur taburi seledri dan bawang goreng. Siap di sajikan.

Soto ini menggunakan bahan utama ayam dan menggunakan rempah-rempah sebagai bumbunya. Nggak perlu bingung lagi di mana bisa menyantap kuliner khas nusantara ini, karena kamu bisa membuatnya di rumah dengan mengikuti resep dari Endeus. Soto Banjar merupakan jenis soto yang berasal dari Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh. Seperti Soto Betawi Gurih, Soto Pedas Rempah, Soto Boyolali Kampung, Soto Rica, Soto Oseng, Soto Geprek Crispy, dan masih banyak menu lainnya. Soto Banjar pada umumnya berisikan ayam suwir, soun, telur rebus, perkedel kentang, dilengkapi perasan jeruk nipis dengan kuah yang bening.

0 Response to "Cara Membuat Soto Banjar Ayam Kampung Lezat"

Posting Komentar