Cara Membuat Soto Ayam Kampung Khas Tasik Lezat

Soto Ayam Kampung Khas Tasik. Selain RM Sarinah, Baso Laksana, Kupat Tahu Mangunreja, Rujak Kalektoran, Es Bojong, yg wajib kalo ke Tasik salah satunya Soto Ayam Kampung Nonoy🎉 walopun disini ada cabangnya tp tetep yaaa beda hehehe Soto Tasik ini menurut saya lebih mirip seperti opor ayam, cuma santannya encer. Semua bagian ayam masuk semua ke dalam sotonya. Ada usus, ati ampela, ceker bahkan kepala.

Soto Ayam Kampung Khas Tasik Sebagian orang memang lebih menyukai ayam kampung daripada ayam negeri/lehor. Resep Soto daging Ayam Kampung ini merupakan salah satu Resep soto yang paling enak dan mantap. Tak kalah lezat dari berbagai jenis soto yang ada di Indonesia seperti soto ayam banjar, soto ayam lamongan, soto ayam kudus dan aneka soto khas daerah lainnya. You can cook Soto Ayam Kampung Khas Tasik using 14 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve it.

Komposisi Bahan Soto Ayam Kampung Khas Tasik

  1. Perlengkapan Bahan 1 ekor of ayam kampung.
  2. Persiapan Bahan 400 ml of santan (aku pakai kara).
  3. Bahab Bahan 150 ml of susu evaporated (aku pakai merk f&n, boleh skip).
  4. Persiapan Bahan 1,5 liter of air.
  5. Bahab Bahan 1 ruas of jahe geprek.
  6. Persiapan Bahan 1 ruas of lengkuas geprek.
  7. Perlengkapan Bahan 5 lembar of daun salam.
  8. Perlengkapan Bahan 3 batang of serai geprek.
  9. Perlengkapan Bahan 8 siung of bawang merah.
  10. Persiapan Bahan 4 siung of bawang putih.
  11. Perlengkapan Bahan 4 buah of kemiri.
  12. Bahab Bahan of Garam.
  13. Bahab Bahan of Merica.
  14. Bahab Bahan of Kaldu ayam bubuk (aku pakai knorr).

Soto Ayam yang dipadukan dengan bumbu soto spesial ini tentu akan menjadi menu masakan yang istimewa untuk keluarga. Soto ini disajikan dengan kuah santan yang menambah rasa gurih dari kuas soto. Saya sangat cocok dengan sajian soto ini. Tempatnya juga dekat dengan jalan raya sehingga selalu ramai pada saat makan siang.

Soto Ayam Kampung Khas Tasik Langkah Langkah

  1. Rebus ayam kampung, tambahkan sedikit garam dan merica, kurleb 20 menit, buang kotoran dan airnya. Ulangi sampai ayam benar2 empuk dan kaldunya keluar.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri. Lalu tumis bersama jahe dan lengkuas sampai bumbu matang (sedikit kecoklatan) dan bau kemiri hilang.
  3. Angkat ayam yg sudah empuk, iris kasar semua dagingnya sampai terpisah dari tulang, lalu masukan kembali ke dalam air rebusan.
  4. Masukkan bumbu halus yg sudah ditumis, tambahkan garam, merica, kaldu bubuk sesuai selera, daun salam dan serai, terakhir masukkan santan dan susu evaporated (opsional). Jangan lupa lanjut pakai api kecil yhaaa kurleb 10 menit. Matikan api.
  5. Sajikan dengan taburan bawang daun, bawang goreng, rawit hijau yg dihaluskan (sambal khas soto nonoy), dan jeruk limau/purut.

Menurut Ibu Rina, tidak ada yang spesial dalam soto ayam ini. Tetapi yang membuat soto ayam pataruman ini laku dan menjadi menu favorit adalah dengan berusaha menjaga dan mempertahankan citarasa yang khas pada soto tersebut. Rugi kalau tidak mencoba hidangan ini, soto ayam khas Tasikmalaya. Walaupun terdengar sangat biasa, dan sering Anda temukan di kota Anda, akan tetapi kuliner satu ini memiliki rasa yang khas dengan kota tersebut. Sama dengan soto pada umumnya, Soto Tasik (begitu kebanyakan orang menyebutnya) menggunakan bahan utama daging ayam.

0 Response to "Cara Membuat Soto Ayam Kampung Khas Tasik Lezat"

Posting Komentar